Nurhayati, Ati (2022) Kreativitas Guru Al-Qur'an Hadits menggunakan media pembelajaran dalam mendorong keaktifan Siswa Mtsn 3 Bima Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
2022-PAI-ATI NURHAYATI 180101022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Kreativitas guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena akan membantu siswa untuk semangat dan tambah aktif dalam belajar. Selain itu, juga pembelajaran tidak terkesan monoton. Karena kreativitas guru yakni kemampuan guru untuk menemukan hal-hal baru dalam kegiatan pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru Al-Qur'an Hadits menggunakan media pembelajaran dalam mendorong keaktifan siswa MTsN 3 Bima. Dalam penelitian ini jenis dan sifat penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik penjamin keabsahan data yang digunkan adalah teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kreativitas guru Al-Qur'an-Hadits menggunakan media pembelajaran dalam mendorong keaktifan siswa di MTsN 3 Bima adalah dengan cara mengkombinasikan media audio, visual dan audio visual dalam proses pembelajaran. respon siswa dengan adanya kreativitas guru menggunakan media tersebut membuat ketertarikan dalam belajar dan antusias. Hal ini ditunjukkan bahwa merek aktif bertanya, aktif melakukan presentasi dan aktif mengikuti pembelajaran. 2) Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru Al-Qur'an Hadits dalam menggunakan media pembelajaran di MTsN 3 Bima adalah sebagai berikut: (a) Adapun Faktor pendukungnya adalah adanya sarana dan prasarana, Adanya kesiapan siswa dan rasa semangat siswa memerima pembelajaran dengan menggunakan media, meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa dalam pembelajaran (b) Faktor penghambatnya adalah kecerdasan siswa yang berbeda-beda, listrik sering mati, dan adanya kerusakan alat media pembelajaran yang akan menghambat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keativitas Guru, Al-Quran Hadits, Media Pembelajaran, Keaktifan Siswa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:11
Last Modified: 03 Sep 2024 07:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item