Qiyamul Haq, Al-Mufqi (2022) Inovasi Guru dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran PAI Kelas Ix/A di SMPN 1 Labuapi. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
2022-PAI-AL-MUFQI QIYAMUL HAQ_180101178).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONSIA "Pengajaran pendidikan agama Islam yang baik sangat dipengaruhi oleh pemilihan metode yang tepat. Dalam kegiatan belajar mengajar guru harus pandai-pandai menyiapkan strategi dan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Penggunaan metode yang tepat dapat mempengaruhi suasana belajar di dalam kelas yang nyaman agar siswa tidak merasa jenuh, bosan dan mengantuk ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi guru dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran PAI dan kendala inovasi guru dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran PAI kelas IX/A di SMPN 1 Labuapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data yaitu sumber data primer dan skunder, data primer merupakan kepala sekolah, guru PAI dan siswa kelas IX/A SMPN 1 Labuapi sedangkan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang ada. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang relevan. Hasil penelitian ini adalah pertama, inovasi guru dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran PAI kelas IX/A SMPN 1 Labuapi yaitu memadukan metode ceramah dengan metode lain/bervariasi, memadukan metode ceramah dengan media pendukung, dan mengatur intonasi dan penuturan bahasa dalam bahasa. Kedua, kendala inovasi guru dalam penerapan metode ceramah pada pembelajaran PAI kelas IX/A di SMPN 1 Labuapi yakni masih terdapat beberapa siswa pasif di dalam kelas, siswa merasa jenuh atau bosan, dan siswa mengantuk dan tertidur di dalam kelas."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Pembelajaran, Metode Ceramah, Pendekatan Kualitatif."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:43
Last Modified: 03 Sep 2024 06:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6271

Actions (login required)

View Item View Item