Peran guru akidah akhlak dalam membina kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs. Al- Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017

Suryani, Suryani (2017) Peran guru akidah akhlak dalam membina kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs. Al- Ikhlashiyah Perampuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Suryani151131192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilator belakangi oleh pentingnya sikap disiplin yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk peran guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa di MTs. Al-Ikhlashiyah Perampuan dan secara khusus mengetahui peraturan apasaja yang harus ditaati siswa, kendala-kendala yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa, dan upaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kendala-kendala tersebut sehingga siswa dapat berdisiplin baik di lingkungan Madrasah maupun di luar lingkungan Madrasah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah bentuk peran guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa di MTs. Al- Ikhlashiyah Perampuan dan secara khusus mengetahui peraturan apasaja yang harus ditaati siswa, kendala-kendala yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membina kedisiplinan siswa, danupaya guru Akidah Akhlak dalam mengatasi kendala-kendala tersebut sehingga siswa dapat berdisiplin baik di lingkungan Madrasah maupun diluar lingkungan Madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penulis merupakan instrument utama untuk mendapatkan data secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Akidah Akhlak, dan 8 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa peran guru Akidah Akhlak sangat penting dalam membina kedisiplinan siswa dan guru Akidah Akhlak harus selalu memberikan contoh perilaku disiplin kepada siswa setiap waktu. Pemberian hukuman yang mendidik bagi siswa yang melanggar merupakan solusi yang bijak dalam mendisiplinkan siswa. Adapun kesimpulan hasil penelitian adalah bahwa dalam membina kedisiplinan siswa di MTs. Al-Ikhlashiyah Perampuan, guru harus menjadi orang yang dapat memberikan keteladanan, motivasi, bimbingan dan reward kepada siswa yang baik sehingga siswa termotivasi untuk berdisiplin. Saran bagi Madrasah, Kepala Sekolah dan guru Akidah Akhlak adalah selalu bekerjasama, membina dan memgawasi siswa untuk bersikap disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Disiplin; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 May 2018 03:05
Last Modified: 14 May 2018 03:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item View Item