Kerjasama guru dan orang tua dalam memotivasi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SDI-T An-Nujaba Lingkungan Kebon Talo Jaya Kelurahan Ampenan Utara Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Suriyani, Suriyani (2016) Kerjasama guru dan orang tua dalam memotivasi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SDI-T An-Nujaba Lingkungan Kebon Talo Jaya Kelurahan Ampenan Utara Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Suriyani151121182.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang minat belajar siswa pada mata pelajaran pai yang dilakukan oleh guru agama Islam, terutama siswa kelas V di SDI-T An-Nujaba Lingkungan Kebon Talo Jaya Kelurahan Ampenan Utara Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan upaya yang ditempuh oleh guru Agama dalam meningkatkan minat belajar siswa . Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan Bagaimana Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SDI-T AN-NUJABA Lingkungan Kebontalo Jaya Kelurahan Ampenan Utara Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017" Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT AN-NUJABA Lingkungan Kebontalo Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (Observasi), wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Maka hasil penelitian ini menunjukkan (1) Peran guru agama di SDI-T ANNujaba lingkungan Kebon talo jaya adalah sebagai pendidik, sebagai pengarah, sebagai motivator, dan sebagai pembimbing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.(2) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru Agama dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain adalah dengan menyajikan dan menyampaikan materi PAI menjadi menarik bagi siswa, menciptakan suasana tidak tegang, budaya takut dan malu-malu dalam proses belajar mengajar PAI, menumbuhkan dan membangkitkan perasaan ingin tahu pada diri siswa, memusatkan perhatian dan konsentrasi siswa, menciptakan kondisi atau proses yang mengarahkan siswa melakukan aktivitas belajar, memperhatikan dan memenuhi kebutuhan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki gaya kepemimpinan dan teladan, serta pribadi yang baik sebagai guru agama, mendorong siswa untuk mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun dalam keluarga dan masyarakat dan memberikan pujian, ganjaran atau hadiah. (3) Dan kerjasama orang tua siswa dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat mendukung guru untuk meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah: 1) Orientasi pada tugas 2) Orientasi pada proses 3) Orientasi pada perkembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Orangtua; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 May 2018 02:08
Last Modified: 14 May 2018 02:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item