Saputra, Andrian (2022) Faktor-faktor yang mendorong minat masyarakat bertransaksi di pegadaian syariah: studi kasus di pegadaian syariah CPS pasar Renteng. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Andrian Saputra 170501230.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Dengan berkembangnya produk-produk yang berbasis syariah yang semakin menggeliat di Indonesia, maka pegadaianpun ikut mengalaminya. Selain itu, ada pula bank syariah yang menjalankan kegiatan pegadaian syariah sendiri yang dijalankan sesuai dengan syariat Islam. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor apa saja yang mendorong minat masyarakat dalam bertransaksi pada pegadaian Syariah di pegadaian Syariah CPS PSR Renteng. Adapun penelitian ini dilakukan di Pegadaian Syariah CPS PSR Renteng di Desa Renteng Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkan teknik Sampling Insidental dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah dengan SPSS 24. Dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat dalam bertransaksi di Pegadaian Syariah, hal ini di buktikan denga nilai T hitung lebih besar dari T tabel yaitu 3,88 > 1,66 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05. Promosi tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat dalam bertransaksi di Pegadaian Syariah, hal ini di buktikan denga nilai T hitung lebih besar dari T tabel yaitu 4,47 > 1,66 dengan taraf signifikansi 0,23 < 0,05. Pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat dalam bertransaksi di Pegadaian Syariah, hal ini di buktikan denga nilai T hitung lebih besar dari T tabel yaitu -1,52 > 1,66 dengan taraf signifikansi 0,13 < 0,05. Berdasarkan hasil uji simultan (Uji F) bahwa lokasi, Promosi, dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat dalam bertransaksi di pegadaian Syariah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai f hitung sebesar 8,87 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Serta koefesien sebesar 0,217 yang berarti minat nasabah dalam bertransaksi nasabah dapat dijelaskan oleh variabel Lokasi, Promosi, dan Pelayanan sebesar 21,7% sedangkan sisanya yakni 78,3% di pegaruhi oleh variabel yang diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat; transaksi; pegadaian syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:36
Last Modified: 29 Aug 2024 00:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item