Zainul, Ahmad (2022) Strategi pengolalaan pasar dalam menghadapi keberadaan supermarket di Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Zainul 160203077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Pesatnya perkembangan pasar modern khususnya supermarket di sekitar Pasar Pancor Lombok Timur. Fokus yang dikaji dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi pengelolaan Pasar Pancor dalam menghadapi keberadaan supermarket di kabupaten Lombok Timur? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan Pasar Pancor dalam menghadapi keberadaan supermarket di kabupaten Lombok Timur? (3) Bagaimana dampak strategi pengelolaan Pasar Pancor dalam menghadapi keberadaan supermarket di kabupaten Lombok Timur? Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengelolaan Pasar Pancor dalam menghadapi keberadaan supermarket di kabupaten Lombok Timur baik faktor pendukung, penghambat, dan dampaknya. Jenis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pengelolaan Pasar Pancor dalam menghadapi supermarket di kabupaten Lombok Timur yaitu: pemeliharaan sarana dan prasarana, pengelolaan sampah pasar, pengelolaan keamanan, ketertiban, dan kebersihan pasar, renovasi-revitalisasi pasar, dan pembinaan pedagang dan staf manajemen pasar. (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan Pasar Pancor yaitu: faktor pendukung adalah terjalinnya kerjasama yang baik antara pengelola dan pedagang, adanya kerjasama Pasar Pancor dengan instansi pemerintah dan swasta, dan tingginya animo masyarakat Lombok Timur dalam bertransaksi jual-beli di pasar Pancor dan faktor penghambatnya adalah kurang disiplinnya pedagang dalam kegiatan pembinaan dan berjualan, terbatasnya dana pinjaman modal bagi pedagang, dan tidak adanya paguyuban pasar. (3) Penerapan strategi pemeliharaan sarana-prasarana, pembinaan SDM Pasar, penataan keamanan, kebersihan, dan ketertiban, dan pembangunan/revitalisasi pasar memberi dampak positif terhadap eksistensi dan keberlangsungan Pasar Pancor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan; pasar; supermarket
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:39
Last Modified: 29 Aug 2024 00:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6220

Actions (login required)

View Item View Item