Penerapan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al-Ikhlashiyah Perampuan kec. Labuapi lombok barat tahun Pelajaran 2016/2017

Sumiati, Sumiati (2017) Penerapan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran fikih kelas X di MA Al-Ikhlashiyah Perampuan kec. Labuapi lombok barat tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Sumiati151131130.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui jenis evaluasi dan alat evaluasi serta hasil evaluasi pembelajaran PAI khususnya mata palajaran fikih siswa kelas X di MA Al-Ikhlashiyah Perampuan Kec. Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hal inidisebabkan karena jenis data yang hendak diperoleh berupa uraian-uraian seperti bentuk, tindakan, factor pendorong dan penghambat yang dihadapi dan solusinya. Secara harfiah, penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk membuat pencandraan (deskriptif) mengenai situasisituasi atau kejadian-kejadian. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Ikhlashiyah Perampuan Kec.Labuapi Lombok Barat.Objek sasarannya adalah Guru PAI (mata pelajaran fikih) dan siswa Kelas X. Sumber data dalam penelitian merupakan salah satu bagian penting dalam penelitian.Pentingnya data untuk memnuhi dan membantu serangkaian permasalahan yang terkait dengan fokus penelitian.Yang dimaksud dengan sumber data dalam penelitian adalah subyek dari mana data dapat diperoleh. Hasil penelitian yang dilakukan di MA Al-Ikhlashiyah Perampuan mengatakan bahwa evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif materi memandikan jenazah yang telah dilakukan oleh Kelas X MA Al- Ikhlashiyah, dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti ketika melakukan praktik memandikan jenazah banyak para siswa yang hanya diam saja dan tidak ikut membantu guru dalam menyiapkan apa saja yang harus dilakukan ketika praktik memandikan jenazah hal ini karena kurangnya factor pendukung yaitu berupa fasilitas yang kurang memadai sehingga siswa kurang termotivasi ketika melakukan praktik memandikan jenazah sehingga praktik yang telah dilakukan kurang efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Alat Belajar; MA Al-Ikhlashiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 May 2018 01:55
Last Modified: 14 May 2018 01:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item