Urgensi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru fikih di MTs Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Mirnawati, Mirnawati (2017) Urgensi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru fikih di MTs Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Mirnawati151131127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Depertemen Pendidikan Nasional (1994) menyatakan bahwa supervisi pendidikan adalah pembinaan yang diberikan kepada seluruh staf sekolah agar mereka dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Dengan demikian supervisi ditujukan kepada engembangan situasi belajar yang baik dan sasaran utamanya adalah guru. Masalah dalam bagaimana urgensi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru fikih di MTs Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun 2016/ 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi Kepala madrasah dan peningkatan keterampilan mengajar guru fikih sebagai dampak kegiatan supervisi Kepala madrasah dalam mengatasi masalah yang dihadapi oleh guru, khusunya keterampilan mengajar guru fikih yang kurang di MTs Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun 2016/2017. Penelitian ini difokuskan kajian terhadap Urgensi Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru di madrasahnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah berjalan dengan baik melalui kegiatan kunjungan kelas, pembicaraan individual dan rapat guru tetapi masih ada yang perlu ditingkatkan. Adapun peningkatan keterampilan mengajar guru fikih sebagai dampak supervisi kepala madrasah meningkat dengan baik karena guru dapat terampil menggunakan lima dari delapan keterampilan mengajar guru. Maka dari data tersebut dapat diketahui penting dan urgennya Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Fikih Di MTs Putri Al- Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan; Supervisi; MTs Putri Al-Islahuddiny
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 May 2018 00:38
Last Modified: 14 May 2018 00:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item