Upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VII di MTs. Negeri 3 Mataram Kecamatan Sekarbela Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Hidayati, Santi (2017) Upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa kelas VII di MTs. Negeri 3 Mataram Kecamatan Sekarbela Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Santi Hidayati151131111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Upaya guru BK merupakan suatu usaha bagaimana cara guru BK menangani siswa yang bermasalah. Upaya dilakukan oleh guru BK ialah untuk mendidik anak menjadi lebih baik lagi dalam bertindak dan bersikap dimanapun siswa berada, berbagai upaya dilakukan oleh guru BK untuk menangani kenakalan yang dilakukna oleh siswa di sekolah. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan tiga metode yang dijadikan dasar dalam pengumpulan data. Ketiga metode tersebut adalah metode observasi, metode wawancara tak terstruktur, dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis induktif. Berdasarkan penelitian, diperoleh data bahwa bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan oleh siswa kelas VII di MTs. Negeri 3 Mataram ini masih dalam keadaan wajar. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan itu terlihat dari 3 faktor yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat, dan faktor lingkungan sekolah, selanjutnya upaya guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa itu dilakukan melalui tahapan yang ditentukan. Upaya untuk menangani siswa yang melakukan kenakalan di sekolah sangatlah penting, terutama penanganan yang harus legih ketat dilakukan oleh guru bimbingan konseling yang mempunyai berbagai cara dalam penaganan bukan hanya untuk guru BK yang bisa memberikan bimbingan di sekolah tetapi guru-guru lain juga ikut berperan penting dalam penanganan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Konseling; Kenakalan siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 09 May 2018 03:33
Last Modified: 09 May 2018 03:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item