Penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI untuk membina akhlak siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Nursani, Ruhil (2017) Penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI untuk membina akhlak siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ruhil Nursani151131035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Metode sebagai salah satu komponen pendidikan yang sangat penting dan menjadi salah satu yang menjadi komponen keberhasilan dan dalam penyampaiaan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI untuk membina akhlak siswa kelas VIII SMP Darul Hikmah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini juga membahas bagaimana pembinaan akhlak dalam penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI dan juga mengulas kendala apa saja dalam penerapan metode kisah serta solusi untuk mengatasi kendala. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni penelitian yangditujukan untuk mendeskripsikan penomena-penomena, pristiwa, aktivitas dan sikap untuk mengembangkan pengaruh metode kisah untuk membina akhlak siswa dalam pembelajaran PAI. Lokasi penelitian adalah di SMP Darul Hikmah Mataram. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan akhlak dengan menggunakan metode kisah dalam pembelajaran dilakukan dengan menyampaikan kisah dengan memperhatikan langkah-langkah penerapannya kemudian memberikan pembiasaan yang baik kepada siswa yang dimana, sedikit demi sedikit tertanam akhlak mulia dalam pribadi siswa, seperti bagaimana seharusnya sikab dan tingkah laku kepada orang orang tua dan guru, dan kepada diri sendiri dan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Belajar; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 09 May 2018 03:04
Last Modified: 09 May 2018 03:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item