Peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca al-qur’an kelas XI akuntansi SMKN 1 Dompu Tahun Pelajaran 2016/2017

Rosdiana, Rosdiana (2017) Peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca al-qur’an kelas XI akuntansi SMKN 1 Dompu Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Rosdiana151131144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini berjudul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca al-Qur’an Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Dompu Tahun Pelajaran 2016/2017” yang fokus penelitiannya adalah Bagaimana keadaan minat siswa dalam membaca al-Qur’an di SMKN 1 Dompu, Bagaimana keadaan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di SMKN 1 Dompu, Bagaimana Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Membaca al-Qur’an Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Dompu dan Bagaimana Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Dompu. Model penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mana kehadiran peneliti sangat diperlukan guna mengumpulkan data yang diinginkan sehingga memudahkan pelaksanaan penelitian. Untuk memperoleh data-data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (a) Minat membaca al-Qur’an siswa SMKN 1 Dompu tinggi, terlihat dari proses pembelajaran al-Qur’an berlangsung banyak siswa yang mengikuti dan antusias dalam membaca al-Qur’an, siswa juga sangat aktif membaca al-Qur’an di luar kelas seperti pada saat kegiatan tadarrus bersama yang dilakukan di kegiatan imtak, selama kegiatan berlangsung antusias siswa sangat tinggi, terlebih lagi siswa jarang ada yang main-main pada saat kegiatan berlangsung mereka mencermati al-Qur’an yang mereka bacakan. (b) Kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMKN 1 Dompu rata-rata cukup lancar hingga kurang lancar hanya 17% yang lancar. (c) Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat membaca al-Qur’an, adalah sebagai: a) motivasi, b) demonstator, dan c) penasehat. (d) Peranan guru pendidikan agamaIslam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, adalah sebagai: a) pendidik, b) pengelola kelas dan c) evaluator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tadarus; Minat; Membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 09 May 2018 02:53
Last Modified: 09 May 2018 02:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item