Adharyatin, Titin (2022) Analisis persepsi nasabah muslim terhadap perbankan syariah di Kota Bima: studi kasus nasabah BSI kc Bima Soetta 1. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Titin Adharyatin 170502034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Kegiatan ekonomi masyarakat suatu negara tidak terlepas dari peran perbankan di tengah masyarakat. Di Indonesia ada dua jenis bank berdasarkan operasionalnya yaitu bank konvensional dan bank syariah. Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sehingga menjadikan Indonesia sebagai pasar yang berpotensial dalam pengembangan keuangan syariah. Seiring dengan perkembangan, perbankan syariah tidak lepas dari pro dan kontra dari masyarakat terkait terkait persepsi terhadap perbankan syariah itu sendiri. Persepsi secara umum merupakan proses perolehan, penafsiran, pemilihan dan pengaturan informasi indrawi. Persepsi berlangsung pada saat seseorang menerima stimulus dari dunia luar yang ditangkap oleh organ-organ bantunya yang kemudian masuk ke dalam otak. Persepsi merupakan proses pencarian informasi untuk dipahami yang menggunakan alat pengindraan. Hal itu terjadi karena setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda-beda dalam melihat sebuah hal (obyek) yang sama, dimana obyek dalam penelitian ini adalah perbankan syariah. Dengan demikian persoalan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah persepsi nasabah muslim terhadap perbankan syariah di kota Bima (studi kasus nasabah BSI KC Bima Soetta 1) dan bagaimanakah peningkatan jumlah nasabah muslim di BSI KC Bima Soetta 1. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana merupakan jenis penelitian yang sekedar menghimpun data saja, prosedur kerja penelitian deskriptif ini adalah mengumpulkan data, kemudian menganalisis dan menginterpretasi data. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitian yaitu para pegawai yang ada diperusahaan tersebut. Berdasarkan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi nasabah terhadap perbankan syariah masuk kedalam kategori Sangat baik, maksudnya nasabah mengerti betul mengenai bank syariah itu seperti apa, nasabah sudah mengetahui bank syariah seperti bank syariah bebas dari bunga bank (riba), bervariasinya produk bank syariah dan sesuai keinginan nasabah, sehingga masyarakat terkhususnya masyarakat Bima minat menjadi nasabah bank syariah dan eningkatan jumlah nasabah tiap tahun pada Bank Syariah Indonesia kantor Cabang Bima Soetta 1 ini mengalami peningkatan sangat pesat, 70-80% pertahunnya. Dimana sekarang jumlah nasabah pada bank syariah ini sebanyak 27.435 nasabah. Peningkatan nasabah Karena strategi pemasaran produk dan jasanya, menarik masyarakat untuk menjadi nasabah PT BSI KC Bima Soetta 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi; nasabah; perbankan syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:20
Last Modified: 31 Jul 2024 00:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item