Implementasi fungsi keluarga dalam membina akhlak remaja di Dusun Langko Lauk Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016

Aini, Rohilawati (2017) Implementasi fungsi keluarga dalam membina akhlak remaja di Dusun Langko Lauk Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Rohilawati Aini151121239.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karekteristik remaja di Dusun Langko Lauk Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Adapun karakteristik remaja tersebut yaitu memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan aktif dalam setiap kegiatan keagamaan tanpa saling memandang status sosial dari masing-masing remaja. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, adapun data yang dikumpulkan menggunakan metode: (1) observasi, yaitu peneliti melakukan observasi awal mengenai kondisi remaja dan keluarga di Dusun Langko Lauk serta mengamati kondisi lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat penelitian.(2) wawancara, peneliti melakukan wawancara kepada remaja dan para orang tua di Dusun Langko Lauk mengenai cara orang tua mengimplementasikan fungsi keluarga dalam membina akhlak remaja di lokasi tersebut. (3) dokumentasi, semua data yang telah dikumpulkan oleh peneliti selanjutnya dijadikan sebuah dokumentasi sebagai informasi yang lebih akurat dalam sebuah penelitian. Peneliti juga melakukan analisis data kualitatif melalui tiga cara yaitu, (1) reduksi data/pengumpulan data, (2) melaksanakan display/penyajian data dan (3) mengambil kesimpulan. Adapun yang menjadi Informan dalam penelitian ini adalah remaja dan orang tua remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga di Dusun Langko Lauk Desa Langko mengimplementasikan fungsi keluarga dalam membina akhlak remaja yaitu dengan memenuhi segala kebutuhan remaja seperti: (1) memenuhi kebutuhan pendidikan, (2) memenuhi kebutuhan biologis, (3) memenuhi kebutuhan ekonomi, (4) memenuhi kebutuhan agama, (5) memenuhi kebutuhan sosial dan (6) memberikan rasa aman kepada anak. Adapun cara yang dilakukan oleh paraorang tua supaya implementasi fungsi keluarga dapat berjalan dengan lancar, para orang tua di lokasi tersebut menggunakan tiga metode dan tiga pendekatan yaitu: (1) pendekatan religius, (2) pendekatan sosial dan (3) pendekatan individual. Para orang tuajuga menggunakan tiga metode yaitu: (1) metode pembiasaan, (2) metode ketauladanan dan (3) metode nasehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keluarga; Akhlak; Remaja
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 08 May 2018 06:58
Last Modified: 08 May 2018 06:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item