Mariana, Septia (2022) Manajemen strategi Baitul Mal wa Tamwil (BMT) Al-Ikhlas Mandiri dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Septia Mariana 170502221.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Manajemen strategi yang baik akan menghasilkan hasil yang memuaskan sehingga nasabah akan tertarik untuk memilih produk atau jasa yang ditawarkan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen strategi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan dan apa saja kendala yang dihadapi selama mempromosikan produknya. Penelitian ini menggunakan jenis penlitian kualitatif yang bersifat diskriptif yang dilakukan dengan mencari data lansung ke lapangan. Sumber data yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil obserasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data sekunder berupa dari literature-literature dan bacaan lainnya yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data adalah study kelapangan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategi yang dilakukan oleh BMT Al-Ikhlas Mandiri dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan strategi yang digunakan strategi interaksi dan sosialisasi dimana, strategi yang digunakan yaitu mulut ke mulut, media sosial, browsure. Dan kendala yang di hadapi kuangnya sumber daya manusia, kurangnya fasilitas internet beserta gangguan server, kurang pemahaman masyarakat terhadap produk yang di tawarkan dan sasaran yang dituju kurang tepat, namun upaya yang dilakukan yaitu meningkatkan sumber daya manusia, pendekatan terhadap nasabah dan memilih sasaran yang tepat untuk mempromosikan produknya serta memberikan kualitas pelayanan sebaik mungkin. Dari manajemen strategi yang dilakukan oleh BMT Al-Ikhlas yang paling dominan yaitu mulut ke mulut dan brosure dibuktikan dengan banyaknya minat pembiayaan yang dilakukan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen strategi; kualitas; pelayanan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 25 Jul 2024 03:33
Last Modified: 25 Jul 2024 03:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item