Peranan metode pembelajaran penugasan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Mertak Tombok Desa Mertak Tombok Kec. Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Rohana, Rohana (2017) Peranan metode pembelajaran penugasan dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas IV SDN Mertak Tombok Desa Mertak Tombok Kec. Praya Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Rohana15113121026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian mengenai hasil belajar siswa kelas IV SDN Mertak Tombok tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif The Assignment merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya peningkatan nilai atau hasil belajar siswa dalam memahami pelajaran Agama Islam khususnya pokok bahasan nama-nama Malaikat dan tugasnya. Hal ini dilakukan karena masih rendahnya interaksi edukatif yang terjadi di dalam kelas saat kegiatan pembelajaran berlangsung, sehingga terlihat siswa cenderung pasif, dan kurang berani mengungkapkan pendapat. Ha ini pun tidak lepas dari peranan guru dalam memilih dan menggunakan metode pada saat pembelajaran. Pendidik mestilah melakukan perelevansian komponen pembelajaran, seperti metode penelitian, sehingga tidak terkesan penggunaan satu metode secara menerus. Sehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik (siswa). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Agama Islam pokok bahasan nama-nama Malaikat dan tugas-tugasnya dengan penerapan strategi pembelajaran aktif The Assignment. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV SDN Mertak Tombok yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan mulai Bulan April sampai dengan Mei 2017. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan yang alurnya, yaitu membuat perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan dalam pembelajaran, dan merefleksi pelaksanaan tindakan. Hasil refleksi tersebut digunkakan untuk mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan Strategi pembelajaram aktif The Assignment dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil analisis dapat dikemukakan sebagai berikut. Siklus I, siswa hanya mampu mencapai nilai rat-rata 68,82 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,65% dari keseluruhan siswa. Dan pada siklus II hasil belajar rata-rata siswa 85,00 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa secara klasikal menigkat 32,35% dari siklus I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Prestasi; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 08 May 2018 06:33
Last Modified: 08 May 2018 06:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item