Sukma, Nurrahmawati (2022) Strategi pemasaran pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia kantor cabang pembantu Dompu. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurrahmawati Sukma 170502091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini berjudul strategi pemasaran pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia kantor pabang pembantu Dompu dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah di BSI Kantor Cabang Pembantu Dompu dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala yang dihadapi BSI Kantor Cabang Pembantu Dompu dalam proses pemasaran produk pembiayaan murabahah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada informan kunci yang telah ditentukan sebelumnya. Tehnik analisis data menggunakan tehnik triangulasi dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BSI Kantor Cabang Pembantu Dompu menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix), yang terdiri dari: strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Strategi pemasaran di BSI KCP Dompu menggunakan media seperti pembagian brosur, door to door, pemasangan spanduk dan iklan. Metode pemasaran langsung (direct marketing) menjadi yang paling dominan dan paling efektif karena pegawai BSI KCP Dompu dapat langsung bertatap muka dengan nasabah sehingga mempermudah nasabah untuk memahami dan mengerti informasi tentang produk pembiayaan murabahah yang ditawarkan. Sedangkan faktor yang menjadi kendala dalam pemasaran pembiayaan murababah di BSI KCP Dompu adalah pengetahuan masyarakat tentang produk pembiayaan murabahah sangat rendah, tingkat persaingan yang tinggi, rendahnya perhatian masyarakat terhadap Bank Syariah, sulit menjangkau calon nasabah yang berada diwilayah yang jauh dari kantor cabang BSI serta akses menuju lokasi nasabah yang jauh untuk ditempuh sehingga tidak efisien bagi pemasaran pembiayaan murabahah di BSI KCP Dompu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemasaran; pembiayaan; murabahah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:22
Last Modified: 19 Jul 2024 00:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item