HAMDAN, HAMDAN (2022) MODEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL DI SMA DARUL MUHAJIRIN DAN SMAN 1 PRAYA LOMBOK TENGAH. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text (Disertasi)
27. Hamdan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi model pendidikan agama Islam berbasis multikultural di SMA Darul Muhajirin Praya dan SMAN 1 Praya Lombok Tengah yang meliputi dinamika pendidikan agama Islam multikultural, model dan implementasi pendidikan agama Islam multikultural, faktor-faktor yang menghambat dan mendukung implementasi pendidikan agama Islam multikultural, dan menemukan implikasi metode pendidikan agama Islam multikultural. Penelitian ini diupayakan melalui penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan yakni pendekatan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menemukan suatu model dinamika Pendidikan Agama Islam multikultural yang dijelaskan melalui implementasi nilai-nilai multicultural, serta tantangan dan upaya sekolah dalam mengelola kehidupan siswa yang multikultural. Model dan implementasi pendidikan agama multikultural pada penelitian ini dijelaskan dalam dua aspek yakni desain Pendidikan dan model implementasi. Kemudian, penelitian ini menemukan adanya faktor penghambat dan factor pendukung implementasi Pendidikan agama Islam multikultural. Adapun implikasi metode Pendidikan Agama Islam multikultural pada studi kasus menunjukkan adanya kecenderungan untuk mempertahankan nilai-nilai multikultural dalam kehidupan bersama di sekolah

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, multikultural, sekolah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raden ji'e
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:46
Last Modified: 16 Jul 2024 04:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6047

Actions (login required)

View Item View Item