RAHIMAH, RAHIMAH (2021) KEPENGAWASAN UNTUK PENGUATAN PROFESIONALITAS GURU (Telaah Tentang Implementasi Tugas dan Tanggung Jawab Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Lombok Barat). Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text (Disertasi)
8. Rahimah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

INDONESIA Salah satu komponen penting yang terlibat dalam pembinaan guru adalah pengawas. Pengawas madrasah adalah orang yang diberi tugas dan tanggung jawab memberi bantuan kepada guru untuk mengatasi kesulitan mengajar dan meningkatkan profesionalitas guru dalam pembelajaran. Dalam era reformasi dan otonomi pendidikan dewasa ini, tuntunan akan profesionalisme pengawas sangat penting dalam menggerakkan pendidikan melalui tugas pokok dan fungsinya. Tugas pokok pengawas adalah sebagai koordinator, konsultan, motivator, evaluator, dan memerankan kepemimpinan dalam kegiatan pendidikan. Untuk menjalanakan tugas pokok tersebut, pengawas pendidikan hendaknya kompeten dengan bidang tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu: 1) Pengawas madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Lombok Barat, sebagian telah dikategorikan profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, namun sebagian lainnya memiliki kemampuan terbatas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini, disebabkan adanya pejabat struktural yang dialih tugaskan ke pengawas yang tidak memiliki basic kompetensi keguruan sehingga berdampak pada profesionalitas guru. 2) Implementasi kepengawasan untuk penguatan profesionalitas guru pada Madrasah Tsanawiyah Lombok Barat dilaksanakan secara bervariasi, ada berbentuk tim work dan ada yang individual. 3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kepengawasan untuk penguatan profesionalitas guru, berasal dari pengawas itu sendiri dan bersumber dari luar. 4) Upaya mengatasi hambatan implementasi kepengawasan untuk penguatan profesionalitas guru, adalah: a) Perlu adanya redistribusi penempatan pengawas oleh kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat, begitu pula memproses rekrutmen pengawas baru sesuai peraturan yang berlaku. b) Pengawas harus diberdayakan secara optimal. c) Frekwensi pembinaan pengawas perlu dilakukan secara intensif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Kepengawasan, Penguatan, Profesionalitas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raden ji'e
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:27
Last Modified: 16 Jul 2024 04:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6046

Actions (login required)

View Item View Item