Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Addawiyah, Ulfa Rabiatun (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ulfa Rabiatul Addawiyah 151131057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena lemahnya pengetahuan para siswa dalam mempelajari mata pelajaran Aqidah Akhlak yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang beranggotakan 4-6 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen dimana dalam tahap pelaksanaannya meliputi tahap penomoran, pengajuan pertanyaan, berfikir bersama, dan menjawab pertanyaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 85% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian sekripsi ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai ratarata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 62,73 (36,36%) yang berada pada kriteria kurang baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 91,36 (90,90%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 28,63. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak pokok bahasan indahnya berperilaku terpuji (3) siswa kelas IV MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Aqidah Akhlak, MI Riadhussholihin Thohir Yasin Kamasan Mataram.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 07 May 2018 03:36
Last Modified: 07 May 2018 03:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item