Hirdawati, Ningsih (2021) Analisis strategi meningkatkan minat konsumen produk Tabungan Wadi’ah di PT. BSI kantor Cabang Mataram Pejanggik 1. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ningsih Hirdawati 170502087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana strategi meningkatkan minat konsumen produk tabungan wadi’ah di PT. BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1. 2) untuk mengetahui apa saja hambatan mempertahankan minat konsumen produk tabungan wadi’ah di PT. BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan dan nasabah PT. BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah PT. BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk meningkatkan minat nasabah produk tabungan wadi’ah yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P yaitu, product, price, place dan promotion. Strategi pemasaran yang pertama, yaitu strategi product dengan selalu meningkatkan kualitas dari produk wadi’ah. Kedua, yaitu strategi price dengan tidak membebankan biaya administrasi dan memberikan harga yang murah untuk setoran awal pada tabungan wadi’ah. Ketiga, yaitu strategi place yang dimana PT. BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1 memiliki tempat yang sangat strategis karena berada di pusat kota Mataram. Keempat, yaitu strategi promotion dengan pengiklanan, penjualan pribadi, publisitas dan pemasaran langsung. Hambatan yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan wadi’ah pada PT. BSI Kantor Cabang Mataram Pejanggik 1, yaitu adanya persaingan produk antar bank serta kurangnya promosi yang mengakibatkan kurangnya minat masyarakat untuk menggunakan produk bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat; nasabah; tabungan wadi’ah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012711 al-Wadi’ah (Penitipan Barang atau Modal)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:46
Last Modified: 16 Jul 2024 03:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item