Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Fathurrahman Jeringo Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Rizkiani, Rizkiani (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs Fathurrahman Jeringo Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Rizkiani151131015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Proses belajar mengajar atau proses pembelajaran merupakan kegiatan melaksanakan kurikulum pada suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan yang ditetapkan. Secara umum proses pembelajaran di sekolah berlangsung terpusat pada guru sehingga menyebabkan kurang berminat dalam belajar. rumusan masalah penelitian ini adalah “ bagaimana minat belajar siswa di MTs Fathurrahman Jeringo, apa saja faktor -faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Fathurrahman Jeringo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa di MTs Fathurrahman Jeringo cukup tinggi, namun ada juga siswa yang memiliki minat belajar yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu : perasaan senang, perhatian dalam belajar, ketertarikan dalam belajar, dan keterlibatan dalam belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, yaitu faktor metode, fasilitas belajar, kemampuan yang dimiliki siswa dan faktor lingkungan dan karakter guru. Jika peserta didik merasa tertarik untuk melakukan aktivitas belajar mereka akan tekun dalam belajar. Sedangkan peserta didik yang tidak peduli atau tidak mempunyai minat untuk belajar maka aktivitas belajar merupakan masalah yang sulit bagi mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar; MTs Fathurrahman Jeringo; Minat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 07:08
Last Modified: 04 May 2018 07:10
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item