Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Hindun, Pita (2017) Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Pita Hindun151131114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Kebanyakan dari 34 orang siswa kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat tidak terampil dalam mendemonstrasikan pembelajaran fiqih di kelas dikarenakan sebagian siswa sedikit malu dalam mendemonstrasikan materi pembelajaran fiqih di kelas dan juga tersedianya sedikit waktu pada peroses pemebelajaran Fiqih di kelas, oleh karenanya peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dan apa saja faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat. Penelitian ini difokuskan kajian terhadap Penerapan Metode DemonstrasiPada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Madaniyah Jempong Barat. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih terlaksana dengan baik walaupun belum maksimal dan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan hal ini dilihat dari keceriaan dan antusias siswa dalam peroses belajar mengajar. Dan hal ini tidak terlepas dari bimbingan dari guru sebagai tenaga pengajar. Faktor penghambatnya yaitu : Keterbatasan pelajaran , Keadaan siswa yang mempunyai karakter yang berbeda dari setiap individu, Banyaknya siswa, dan Siswa sedikit malu saat disuruh kedepan untuk mendemonstrasikan suatu materi. Sedangkan Faktor pendukungnya yaitu : Profesionalisme guru yang mempunyai skill dalam menggunakan metode pembelajran yang baik, metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan seseuai dengan tujuan dan karaktristik pembelajaran dalam pembelajaran Fiqih, Keadaan lingkungan tempat praktik yang kondusif, bersih dan tenang, dan Sarana prasarana lengkap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; MTs Al-Madaniyah; Metode demonstrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 06:44
Last Modified: 04 May 2018 06:44
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item