Strategi Guru Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII MTs Nurul Ulum Mertak Tombok, Lombok Tengah, Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2015/2016

Hamid, Abdul (2016) Strategi Guru Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VII MTs Nurul Ulum Mertak Tombok, Lombok Tengah, Kecamatan Praya Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img]
Preview
Text
Abdul Hamid 151111039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abdul Hamid: Nim. 15.1.11.1.039" Strategi Guru Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIT MTs Nurul Ulum Mertak Tombok, Kecamatan Praya, Lombok Tengah Tahun PelajarauI 2015/2016" Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahuai pocus kajian dari peneliti adalah: Strategi Guru dalam mata Pembelajaran Fiqih Kelas VII MTs Nurul mum Mertak Tombok, Kecamatan Praya, Lombok Tengah Tahun Pe1ajaran 2015/2016". Adapun 1atar belakang pengambilanjudu1 ini adalah peneliti merasa tertarik untuk meneliti strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam yang digunakan oleh guru PAl, dalam proses belajar mengajar. Terlihat ketika peneliti berda di lapangan sesuai survy dan wawancara dengan guru dan siswa proses belajar mengajar nampak menyenangkan kama terlihat inbal balik autara guru dan siswa ketika berlangsungnya proses belajar mengajar, hal itu membuktikan bahwa guru sudah menerapkan strategi pembelajaran secara epektif. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembe1ajaran oleh guru dalam mata pe1ajaran fiqih pada siswa MTs Nurul Ulum Mertak Tombok kelas VIT, dan apakah kendala-kendala yang dihadapi oleh Guru PAI, sertabagaimana cara mengatasinya dalam menerapkan strategi pembelajaran dalam mata pelajaran fiqih, pada siswa MTs Nurul Ulum Mertak Tombok kelas VII. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan strategi guru (PAI) dalam mata pelajaran fiqih pada siswa MTs Nurul Ulum Mertak Tombok kelas VII. dan untuk mengetahui kendala-kendala pembelajaran yang dihadapi dan cara mengatasinya oleh guru dalam menerapkan strategi pembelajaran PAI dalam mata pelajaran fiqih, pada siswa MTs Nurul Ulum Mertak Tombok ke1as VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi, Dalam penelitian ini pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Penerapan strategi dalam mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Ulum Mertak Tombok, Kecamatan Pranya tahun pelajaran 2015/2016 sudah diterapkan dengan baik, ini terlihat dari adanya penerapan strategi pembelajaran dalam bentuk Quantum Teaching, Questions Students Have (Pertanyaan Siswa), Information Search (pencarian Informasi), Index Card Match (Mencocokkan Kartu Indeks), Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif), Go To Your Post (Bergerak ke Arab yang Dipilih), Learning Stars With a Question (pelajaran dimulai dengan pertanyaan), Role Play (Bermain Peran), Reading Guide (bacaan terbimbing), Small Group Discussion (Diskusi Kelompok Kecil), Card Short ( Menyortir Kartu).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Guru PAl dan Pembelajaran fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:56
Last Modified: 02 Apr 2018 07:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item