Firmansyah, Didi (2022) Aktualisasi Qs. Al-Furqon Ayat 32 dalam pererapan metode wafa pada santri MI NWDI Nurul Haramain Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2022-2023 (Kajian The Living Al-Qur'an). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Didi Firmansyah 170601054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Dalam penelitian ini peneliti tertarik metode yang dipakai oleh MI NWDI Nurul Haramain Narmada Lombok Barat. MI ini menggunakan metode Wafa berdasarkan sebuah teori tentang pengajaran kuantum yang tidak hanya menyediakan kebutuhan dipelajari oleh siswa, tetapi juga diajarkan bagaimana membangun hubungan pembelajaran dalam suasana hati yang baik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Aktualisasi QS. Al-Furqon Ayat 32 Dalam Penerapan Metode Wafa Pada Santri MI NWDI Nurul Haramain Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2022-2023, 2) Penafsiran Qur'an Surah Al-Furqon Ayat 32. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik penelitian dengan cara mengumpulkan data menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Sumber data penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, dewan guru dan para siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penafsiran QS. Al- Furqon Ayat 32. Yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti penfsiran tersebut adalah, rasa ingin tau tentang berbagai penafsiran QS. Al-Furqon ayat 32 menurut beberapa Mufassir dalam mengetahui keauntetikan Al- Qur'an terhadap metode yang di pakai sebagai bukti yang real terhadap keaktualan Al-Qur'an yang peneliti angkat. 2) Adapun aktualisasi QS. Al- Furqon ayat 32 dalam metode Wafa pada santri MI NWDI Nurul Haramain tersebut adalah, rasa ingin tahu bagaimana aktualisasi Al- Qur'an surah Al-Furqon dalam penerapan metode Wafa untuk bagaimana membuat bacaan santri sesuai standar ataupun kaidah yang benar dan baik, "karena lulusan dari MI tersebut yang peneliti tahu, sudah bagus dalam membaca Al-Qur'an sebelum masuk kejenjang Madrasah Tsanawiyah, sebagaimana dalam surah Al-Furqon telah di gambarkan untuk membaca Al-Qur'an dengan tartil, sehingga itulah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti di MI tersebut. Setelah peneliti melakukan wawancara kepada beberapa guru, khususnya guru halaqoh ngaji, menyatakan bahwa upaya yang dilakukan guru yaitu pertama membagi kelompok, sesuai dengan kemampuan siswa tersebut, yang bertujuan untuk mempermudah proses mengajar agar apa yang di targetkan bisa tercapai sesuai dengan keinginan, maksudnya disini sesuai kemampuan siswa yaitu ada yang sudah mencapai level 5,6,7 dan yang sudah mencapai level 8, yang menempati level 8 ini adalah siswa yang sudah fasih dalam membaca Al- Qur'an dari segi tajwid dan murottalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi QS. Al-Furqon, Metode Wafa, Lembaga Pendidikan, siswa."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:30
Last Modified: 12 Jun 2024 06:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item