Fitriani, Hilwani (2023) Strategi guru bk dalam membangun pemahaman siswa tentang moderasi beragama pada Kelas X Di Smk Ip Al Madani Lengkok Mamben Lauk. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hilwani Fitriani 190303013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Negara Indonesia dengan keberagamannya membuat kita harus berfikir dan bertindak secara moderat mengingat keberagaman dalam beragama itu niscaya dan tidak bisa dihilangkan, maka dalam hal ini moderasi beragama sendiri yaitu mencari persamaan dan bukan mempertajam perbedaan. Permasalahan yang terjadi sekarang ini tentang pemahaman dalam beragama baik itu tentang perbedaan pendapat, kurangnya toleransi, intoleransi dan bahkan berlebih-lebihan dalam menggunakan paham kegamaan untuk hal yang tidak bermanfaat hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman yang baik pada moderasi beragama sama seperti yang terjadi di tempat peneliti melakukan peneletian di sana guru BK menerapkan berbagai strategi dalam menyatukan pemikiran-pemikiran dan tindakan siswa tentunya dengan strategi tersebut agar tidak menimbulkan penyimpangan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru BK dalam membangun pemahaman siswa tentang moderasi beragama dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam membangun pemahaman siswa tentang moderasi beragama di SMK IP Al Madani Lengkok Mamben Lauk. Fokus kajian dalam skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru BK dalam membangun pemahaman siswa tentang moderasi beragama. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membangun pemahaman moderasi beragama pada peserta didik di SMK IP Al Madani Lengkok Mamben Lauk. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: Pertama Strategi guru BK dalam membangun pemahaman siswa tentang moderasi beragama yang dilakukan yaitu dengan melalui nasehat, keteladanan dan konseling adapun konseling tersebut dibagi menjadi dua yaitu konseling pribadi dan konseling kelompok. Kedua adapun faktor pendukung guru BK dalam membangun pemahaman siswa tentang moderasi beragama di sekolah SMK IP Al Madani Mamben Lauk yaitu kerjasama antara guru dan orang tua, dukungan dan motivasi dari sekolah, kerjasama guru BK dan guru bidang studi lainnya dan memberikan sosialisasi tentang moderasi beragama. Sedangkan untuk faktor penghambat seperti lingkungan, media komunikasi dan siswa yang sulit menyesuaikan diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru BK; moderasi beragama; siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:27
Last Modified: 12 Jun 2024 06:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item