Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs NW Al- Akhyar Bagik Polak Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.

Nurjanah, Nurjanah (2017) Pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs NW Al- Akhyar Bagik Polak Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nurjanah151131028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESISA Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs NW Al-Akhyar Bagik Polak Kecamatan Labuapi Lombok barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain true eksperimental desain jenis pre test post test grup desain dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs NW Al-Akhyar Bagik Polak di jalan Nurul Karomah Bagik Polak Barat Kecamatan Labuapi Lombok Barat. Populasi dalam peneitian ini sebanayk 94 peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik, yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing kelas terdapat 25 peserta didik, dimana di kelas A 25 dan kelas B 25. Desaian penelitian ini menggunakan eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes. Metode pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, tes, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji-t test sampel related, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas Chi Kuadra dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs NW Al-Akhyar Bagik Polak Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 20162017. Hal ini dilihat dari uji analisis hipotesis yang dilakukan oleh berdasarkan perbandingan antara t-hitung dengan ttabelnya yaitu (8,259 > 1,6824) dengan n1 = 25 dan n2 = 25 sehingga dk = n1+n2-2, maka dk = 25+25=48 dengan taraf nyata 0,05 atau taraf signifikan 5 % maka Ha diterima H0 ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs NW Al-Akhyar Bagik Polak Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 20162017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi; Belajar; MTs NW Al- Akhyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 01:54
Last Modified: 04 May 2018 02:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item