"Asmarita, Asmarita (2024) Peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Nurul Iman Desa Dasan Bar. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ASMARITA 200110085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti pada peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan mengingat do'a sehari-hari anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru, 2) mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru. Jenis penelitian yaitu kulitatif dengan pendekatan deskriptif . Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, data display (penyajian data), dan data verifikasi (menarik kesimpulan). Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan mengingat do'a sehari-hari anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru dapat dikatakan sudah cukup baik, hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian peneliti bahwasannya rata-rata anak PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru sudah banyak menghafal do'a sehari-hari, seperti do'a makan, do'a setelah makan, do'a keluar masuk rumah, do'a sebelum tidur,2) Guru sebagai pembimbing, guru melakukan bimbingan kepada anak yang mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari. Guru berperan sebagai Educator, guru melakukan membiarkan anak untuk menggali kemampuan yang dimilikinya melalui kegiatan pembelajaran mengingat do'a sehari-hari. Guru sebagai motivator, guru di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru sangat memberikan dukungan dan semangat pada anak yang meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari. selain itu, guru juga memberikan motivasi kepada anak agar anak lebih serius dalam meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari yang dimiliki oleh anak. 3) adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru adalah adanya motivasi yang diberikan oleh berbagai pihak seperti dari pihak sekolah, pihak keluarga. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan mengingat do'a sehari-hari anak usia 5- 6 tahun di PAUD Nurul Iman Desa Dasan Baru adalah terdapat anak yang memiliki kemampuan kognitif atau daya ingat yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, kemampuan Mengingat, Anak Usia 5-6 Tahun"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:20
Last Modified: 07 Jun 2024 03:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5962

Actions (login required)

View Item View Item