Ainul, Ainul (2023) Peran guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 4-5 Tahun di TK Permata Hati Islamic Preschool Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
AINUL 200110017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap peran guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 4-5 tahun di TK Permata Hati Islamic Preschool Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) peran guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 4-5 tahun di TK Permata Hati Islamic Preschool Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram dan bertujuan untuk mengetahui pendukung dan; (2) penghambat bagi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 4-5 tahun di TK Permata Hati Islamic Preschool Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Miles and Huberman dan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dalam pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) peran guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia 4-5 ta hun di TK Permata Hati yaitu: pertama, guru sebagai teladan, pada saat guru melakukan kegiatan guru selalu memberikan contoh kepada anak seperti memberikan contoh untuk mengeluarkan pendapatnya, menjadi pemimpin doa, menjadi imam, dan memberikan contoh menebalkan huruf. Kedua guru sebagai motivator, sebagai seorang pendidik tentu saja guru memberikan motivasi kepada siswanya seperti memberikan motivasi kepada anak yang merasa malu ketika mempresentasikan hasil karyanya, memberikan motivasi saat aktivitas belajar, dan memberikan dorongan kepada anak yang grogi mengeluarkan pendapatnya. Ketiga, guru sebagai pembimbing, guru selalu membimbing anak dalam melakukan aktivitas belajar seperti membimbing anak seperti menebalkan huruf, dan membimbing anak agar lebih kreatif lagi dalam melakukan kegiatan. (2) Faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak, faktor pendukung bagi guru adalah adanya kemauan dalam diri anak dan adanya dorongan dari orang tua, sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya rasa percaya diri anak, anak yang sulit diajak belajar menantang dan anak yang merasa malu dalam mempresentasikan hasil karyanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kepercayaan Diri, Anak Usia 4-5 Tahun."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:36
Last Modified: 07 Jun 2024 02:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item View Item