Indana Zulfa, Zakia (2023) Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 42 Cakranegara 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zakia Indana Zulfa 190106214.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa. Rendahnya kemampuan berbicara siswa tersebut ditingkatkan dengan metode bermain peran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan metode bermain peran di kelas IV SDN 42 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 42 Cakranegara sebanyak 28 siswa, sedangkan objek penelitian ini peningkatan kemampuan berbicara menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan Model John Elliot yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Observasi (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Indicator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% siswa yang memperoleh nilai > 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 42 Cakranegara. Kemampuan berbicara siswa pada siklus I dengan rata-rata 42%, peningkatan pada siklus II sebesar 92%. Pada tindakan ini kemampuan berbicara siswa dengan pelafalan intonasi, suara, ekspresi meningkat sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu minimal 80% siswa yang memperoleh nilai > 75."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Kemampuan Berbicara, Kelas Tinggi."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:33
Last Modified: 06 Jun 2024 07:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item