Hafizatussilmi, Siti (2023) Peningkatan kemampuan siswa memecahkan masalah melalui model problem solving pada muatan pelajaran IPA di Kelas IV MI NW Bonjeruk Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SITI HAFIZATUSSILMI _190106237.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Model pembelajaran Problem Solving yang mengarahkan siswa untuk menyelesaikan masalah secara langsung, meletakkan tanggung jawab pada saat proses pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan melibatkan siswa untuk memunculkan ide-ide yang kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menggunakan model Problem Solving, proses pembelajaran yang berlangsung dilakukan di kelas IV MI NW Bonjeruk pada muatan pelajaran IPA. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang berkesinambung yaitu : 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi/evaluasi; 4) dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hasil analisis data yang digunakan yaitu data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan kemampuan siswa memecahkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Solving ini mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas IV MI NW Bonjeruk tahun ajaran 2023/2024. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai ketuntasan klasikal siklus I mendapatkan 42,85%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan klasikal 89,28%. Peningkatan terjadi dikarenakan model pembelajaran Problem Solving dilaksanakan sesuai dengan langkah- langkahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:21
Last Modified: 06 Jun 2024 06:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5955

Actions (login required)

View Item View Item