Problematika pengelolaan kelas pada siswa kelas VII b SMPN 3 Labuapi mata pelajaran pendidikan agama Islam Tahun Pelajaran 2015/2016

Khawilid, Zaenal (2016) Problematika pengelolaan kelas pada siswa kelas VII b SMPN 3 Labuapi mata pelajaran pendidikan agama Islam Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Zaenal Khawlidi 151091143.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Problematika Pengelolaan Kelas Pada kelas VII B SMPN 3 Labuapi kecamatan lombok barat”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dalam memotivasi belajar peserta didk kelas VII BMerembu Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru PAI tersebut dalam memotivasi belajar peserta didik kelasVII B SMPN 3 Labuapi Merembu Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Adapun metode penelitian ini didesain dengan metode penelitian kualitatif dengan karakteristik deskriftip, artinya dalam penelitian ini, peneliti merupakan sebuah prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan cara menggambarkan atau melukiskan keadaan obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang bersifat induktif, dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan tahap verification data atau penarikan kesimpulan, dan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan ketekunan pengamatan. Problematik Pengelolaan Kelas Siswa Kelas VII SMPN 3 Labuapi Merembu Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat yaitu: pertama memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan cara mengembangkan kepribadian peserta didik, memberikan bimbingan, dan memberikan pengarahan. Kedua merencanakan pembelajaran dengan membuat RPP dan menilai pekerjaan peserta didik.Ketiga meningkatkan kreatifitas belajar peserta didik seperti: menciptakan kelas yang kondusif dan menemukan metode/strategi dalam mengajar. Dan Keempatmemberikan dorongan kepada peserta didik dengan cara memberikan pujian dan memberikan nasihat kepada peserta didik. Adapun faktor-faktor yang penghambat dalam pengelolaan kelas siswa yaitu: faktor guru, faktor peseta didi, faktor fasilitas sekolah, dan faktor alokasi waktu pembelajaran. Dari keempat faktor tersebut dapat menentukan besar kecilnya motivasi belajar yang dialami peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 04 May 2018 01:58
Last Modified: 04 May 2018 01:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item