Thoriq Bin Ziyad, Muhammad (2023) Pengajaran materi ilmu tajwid pada pelajaran Al-Quran Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran Siswa Kelas V di MI NW Karang Bata Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Thoriq Bin Ziyad 200106053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Belajar al-Qur'an pada tingkat pertama, yaitu mempelajari cara membaca al- Qur'an. Mempelajari al-Qur`an adalah belajar membaca al-Qur'an dengan disertai kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur'an, bagaimana langkah-langkah mengajarkan materi ilmu Tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengajarkan materi ilmu Tajwid pada siswa kelas V. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan pengkodean. Hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) kemampuan membaca al-qur'an pada siswa adalah sebagian besar siswa kelas V sudah dikategorikan bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai indikator-indikator kemampuan membaca al-qur'an yaitu membaca al-qur'an dengan materi hukum mim sukun, lancar, dan makharijul huruf. (2) Langkah- langkah mengajarkan materi ilmu tajwid pada siswa kelas V yaitu: (a) Guru memberikan arahan kepada siswa agar membaca ayat al-qur'an yang ada pada buku LKS, (b) Guru menjelaskan kepada siswa materi hukum mim sukun, (c) Memberikan latihan kepada siswa mencari contoh bacaan mim sukun di dalam al-qur'an, (d) Selanjutnya guru bersama siswa mempraktikkan hukum bacaan mim sukun, (e) Dan terakhir Guru dan siswa mengevaluasi pembelajaran dengan membuat kesimpulan. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengajarkan materi ilmu tajwid yaitu: (a) Yang menjadi faktor pendukung guru adalah secara umum dari faktor internal berupa minat, perhatian, dan sikap yang baik siswa dalam proses pembelajaran, faktor pendukung yang ke dua dari faktor eksternal berupa bimbingan dan dukungan dari orang tua, adanya TPA/TPQ di luar jam belajar di Madrasah, guru dengan metode mengajarnya, dan dampak yang baik dari lingkungan sekolah dan masyarakat. (b) Dan faktor penghambat guru adalah tidak adanya mata pelajaran khusus terkait dengan ilmu tajwid, kurangnya buku, guru tidak menggunakan media pembelajaran, kurangnya waktu, kurangnya fasilitas, dan guru tidak bisa mengontrol siswa secara langsung dalam kegiatan membaca al-qur'an di luar jam belajar di Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Ilmu Tajwid, Al-Qur'an, Kemampuan Membaca Al-Qur'an."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:13
Last Modified: 06 Jun 2024 02:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item