Fauzi, Muhammad (2023) Implementasi model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Mi’rajul Islah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Fauzi 190106032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA. Kurangnya pemahaman konsep siswa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah guru kelas IV masih menerapkan pembelajaran konvesional dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan latihan soal, sedangkan kegiatan praktikum yang dapat melatih pemahaman dan memberikan pengalaman langsung kepada siswa masih belum berjalan dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran guided inquiry pada kelas TV MT Mi'rajul Tslah tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari lembar aktivitas siswa dan tes. Nilai aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 50% (Siklus I) menjadi 82,26% (Siklus II). Aktivitas guru pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62,5%, dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 93,75%. Adapun hasil tes yaitu ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 44,4 % (Siklus I) menjadi 88,8 % (Siklus II) ), atau mengalami peningkatan sebesar 44,4%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut dinyatakan berhasil dikarenakan ketuntasan klasikal 2'85, Pada siklus I Menafsirkan (85.18%), Memberi contoh (76%), Mengklasifikasikan (61%)," "Meringkas (62.5%), Menarik infensi (85,18%), Membandingkan (70,37%), Menjelaskan (85,18%). Pada siklus II mengalami peningkatan pamahaman konsep, Menafsirkan (96,29%), Memberi contoh (90,5%), Mengklasifikasikan (84,5%), Meringkas (90,5%), Menarik infensi (88,88%), Membandingkan (85,18%), Menjelaskan (96,29%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa inkuiri terbimbing pada Mata Pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV B MI Mi'rajul Islah tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Pemahaman Konsep, Pelajaran IPA, Sekolah Dasar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:52
Last Modified: 06 Jun 2024 01:52
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item