Jannah, Mardatul (2023) Pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas V di SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MARDATUL JANNAH 180106070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa Kelas V di SDN 1 Terong Tawah yang sering merasa kesulitan memahami materi pelajaran matematika pada saat belajar mengajar berlangsung. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Terlebih guru dituntut untuk harus memaksimalkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM yang ditentukan. Upaya untuk mengatasi hasil belajar siswa yang kurang tersebut, yaitu dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Sampel yang digunakan yaitu semua siswa kelas V di SDN 1 Terong yanTawah yaitu kelas Va dan Vb dengan jumlah 60 orang siswa dengan teknik gpengambilan sampel non probabilitiy sampling (sampling jenuh). Kemudian sampel tersebut dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas Va yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol adalah kelas Vb yang berjumlah 25 siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan observasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan ada tiga, yaitu menggunakan uji normalitas (Uji Kolmogorof Smirnov), homogenitas (Uji Fisher), dan uji hipotesis (Uji independent t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem solving memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar matematika Siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t diperoleh nilai sig. 0.001 < 0.05, sehingga Ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode, Problem Solving, Hasil Belajar Matematika, Sekolah Dasar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:39
Last Modified: 04 Jun 2024 07:39
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5944

Actions (login required)

View Item View Item