Taufik Hidayat, L. Moh (2023) Penerapan media visual gambar dengan teknik strip story untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 pada Mata Pelajaran Al Quran Hadist di MI Babul Khair Semparu Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
L. Moh. Taufik Hidayat.180106069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Saat sekarang ini sangat membutuhkan berbagai media untuk hasil pembelajaran yang baik sehingga pada dasarnya perencanaan media yang akan digunakan memerlukan persiapan yang baik juga, Melihat kenyataan di lapangan, selama ini guru MI Babul Khair Semparu, jarang sekali menggunakan media sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar di kelas, guru lebih sering menggunakan media yang tidak bervasiasi Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media strip story pada mata pelajara Al- Qura'an Hadist kelas 4 MI Babul Khair Desa Semparu tahun pelajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 peserta didik pada siklus pertama pembelajaran menggunakan media strip story terdapat 15 peserta didik yang berhasil mencapai nilai lebih dari 70 dengan persentasi ketuntasan klasikal 55%, dan rata-rata hasil belajar 70,48%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal peserta didik belum tuntas sebab peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari 70 belum memenuhi 80%. Sementara pada siklus II diperoleh data ketuntasan klasikal 85,18% atau 23 siswa memperoleh nilai di atas 70 dengan rata- rata hasil belajar 81,48%. Hasil pada siklus II tersebut menunjukkan secara klasikal peserta didik sudah tuntas, sebab peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari 70 lebih besar dari nilai klasikal yang. dihendaki yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media strip story Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur'an Hadist Kelas 4 MI Babul Khair Desa Semparu Tahun Pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:00
Last Modified: 04 Jun 2024 07:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item