Penerapan strategi pembelajaran inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X c MA Al-Aziziyah Putri Tahun Pelajaran 2016/2017

Noviana, Neni (2017) Penerapan strategi pembelajaran inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas X c MA Al-Aziziyah Putri Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Neni Noviana151131107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MA Al-Aziziyah Putri Tahun Pelajaran 2016/2017. Strategi merupakan salah satu cara yang sangat efektif digunakan oleh seorang guru dalam meningkatkan motivasi atau minat belajar siswa. Karena dengan adanya strategi yang digunakan oleh guru siswa diharapkan rajin belajar dan tidak merasa bosan pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang berusaha mengamati secara langsung dalam memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan pada kelas X C MA Al-Aziziyah Putri yang bejumlah 25 orang siswa Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis instrument dan cara penggunaannya menggunakan lembar observasi dan angket. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitaf, data kuantitatif diperoleh dari nilai hasil angket, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan dan tindakan di dalam kelas berdasrkan hal-hal yang nampak pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ditemukan bahwa: terjadi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Aziziyah Putri Kapek kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2016/2017. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil aktivitas siswa pada siklus I, yaitu kategori sangat aktif dengan jumlah 14 siswa (56%), kategori cukup aktif 9 siswa (36%), dan kategori kurang aktif sebanyak 2 siswa (8%) menjadi kategori sangat aktif dengan jumlah 21 siswa (84%), dan cukup aktif dengan jumlah 4 siswa (16%) pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II terjdi peningkatan aktivitas siswa sebesar 28% dari 56% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar siswa ini didukung oleh kualitas pembelajaran (aktivitas guru dan aktivitas siswa) dalam proses kegiatan belajar mengajar yang sejalan dengan setting dan rencana pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry. Dengan melihat hasil yang cukup signifikan, maka peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiry perlu digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry; Belajar; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 01:30
Last Modified: 04 May 2018 01:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item