Peranan majelis taklim wal maulid hubbun nabi dalam pembinaan akhlak remaja Desa Bengkel Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016

Husaen, Muzakkir (2016) Peranan majelis taklim wal maulid hubbun nabi dalam pembinaan akhlak remaja Desa Bengkel Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Muzakkir Husaen151121011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini didasari bahwa kegiatan shalawatan memiliki peran yang cukup penting dalam mendidik, membimbing dan mengarahkan remaja untuk lebih meningkatkan akhlakul karimah. Hal ini cukup penting karena kegiatan shalawatan cukup menentukan perkembangan remaja itu sendiri, karena itulah penelitian ini bertujuan : 1) Mengetahui program-program Majelis Ta‟lim wal Maulid Hubbun Nabi Desa Bengkel sampai tahun 2016 dan 2) Mengetahui Peran Majelis Taklim wal Maulid Hubbun Nabi dalam membina remaja Desa Bengkel Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah. Kehadiran peneliti sebagai observer dalam kehidupan subyek selama waktu penelitian yang sudah ditetapkan sekaligus sebagai peneliti utama dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik induktif dengan keabsahan data terdiri dari perpanjangan keikut sertaan peneliti, ketekunan pengamatan dan tringulasi. Dari hasil penelitian, Majelis Taklim wal Maulid Hubbun Nabi memiliki beberapa program kegiatan yaitu : (1)Program Shalawatan yang dilaksanakan pada malam Jum‟at dan Sabtu, (2)Program Pengajian yang dilaksanakan setiap malam selain malam Jum‟at dan Sabtu, (3)Program Tadarrusan yang dilakukan setiap hari, (4)Program Mari Bersedekah, (5)Program Pemberian Modal Usaha bagi anggota majlis ta‟lim yang kurang mampu, (6)Program Ziarah Safar yang dilaksanakan setahun sekali pada rabu trakhit bulan safar dan (7)Program Rihlah yang dilaksanakan tiap tiga bulan sekali. Adapun peran Majelis Taklim wal Maulid Hubbun Nabi Desa Bengkel adalah sebagai pemantik semangat belajar agama remaja dan sebagai media pembinaan akhlak remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Majelis Taklim; Akhlak; Remaja
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 01:19
Last Modified: 04 May 2018 01:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item