Syafitriyani, Andy (2022) Pengaruh model pembelajaran arias (assurance relevance, interest and satisfaction) terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV di MI Ishlahul Mutta’allim Mataram Tahun Pelajaran 2022/023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Andy Syafitriyani (180106051).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Siswa menganggap pelajaran IPS tidak menyenangkan dan membosankan, karena mata pelajaran IPS selalu berkaitan dengan teori tanpa praktik. Jadi, upaya untuk mengatasi kurangnya motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satisfaction). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV di MI Islahul Muta'allim Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan non equivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IVA dan IV C di MI Islahul Muta'allim Mataram dengan jumlah 71 orang dengan teknik simple ramdom sampling. Jumlah siswa yang masuk di kelas eksperimen sebanyak 20 orang sedangkan siswa kelas control sebanyak 15 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar IPS pada siswa kelas IV memberikan dampak yang positif kepada siswa sehingga siswa merasa senang dengan pelajaran IPS dan hal ini menyebabkan siswa bersungguh-sungguh serta bersemangat dalam mengerjakan tugas, karena siswa memiliki keyakinan pada diri mereka bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t yang di peroleh bahwa nilai sig. yaitu 0.000 < 0.05. Sehingga Ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut, dapat dismpulkan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV di MI Islahul Muta'allim Mataram tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARIAS, Motivasi Belajar IPS, Sekolah Dasar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:37
Last Modified: 03 Jun 2024 07:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item View Item