Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis materi pokok pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa dalam meningkatkan keterampilan sosial Siswa kelas XI IPS-2 Ma Annajah Sesela Tahun Pelajaran 2016/2017

Aini, Zohratui (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis materi pokok pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa dalam meningkatkan keterampilan sosial Siswa kelas XI IPS-2 Ma Annajah Sesela Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Zohratul Aini 151131056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini ialah karena masih terlihat kurangnya keterampilan sosial yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPS-2 MA Annajah Ponpes Al-Halimy Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas, yaitu seperti siswa kurang bisa menghargai pendapat siswa yang lain, menertawakan pendapat temannya, malu mengeluarkan pendapatnya, mengandalkan satu teman yang dianggap paling pintar dalam kelompoknya. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas XI IPS-2 MA Annajah Ponpes Al-Halimy Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS-2 MA Annajah Ponpes Al-Halimy Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 20 siswa dengan instrumen pengumpulan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan skala likert. Hasil observasi keterampilan sosial siswa jika dilihat dari nilai ketuntasan siswa baik secara individual maupun klasikal telah meningkat, dari 11 siswa yang tuntas secara individual menjadi 18 siswa yang tuntas pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus I meningkat dari 75,45 menjadi 84,15. Adapun nilai ketuntasan secara klasikal 55% menjadi 90% pada siklus II. Maka kesimpulannya ialah keterampilan sosial siswa meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus II dibandingkan dengan siklus I pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, dan Keterampilan Sosial
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 04 May 2018 01:26
Last Modified: 04 May 2018 01:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item