Diantari, Maesarah Ayu (2023) Strategi penetapan harga dalam menarik minat beli konsumen pada Toko Pakaian Curga busana muslim Gunungsari Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Maesarah Ayu Diantari 190501274.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Persaingan di dunia usaha yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk melakukan strategi pemasaran yang jitu agar dapat memenangkan persaingan. Dalam hal ini perusahaan berlomba-lomba dalam persaingan yang bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan konsumen. Toko pakaian Curga Busana Muslim dalam meningkatkan dan mempertahankan konsumen salah satunya adalah dengan cara menetapkan harga jual produk yang sebaik-baiknya. Karena harga merupakan salah satu bagian yang sangat peting dalam pemasaran. Perusahaan harus benar- benar mempertimbangkan penetapan harga dengan memperhitungkan proses dalam produk yang akan dijual guna untuk menarik dan mempertahankan minat beli konsumen. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi penetapan harga yang digunakan oleh toko pakaian Curga Busana Muslim dalam menarik minat beli konsumen dan Dampak yang dirasakan oleh toko pakaian Curga Busana Muslim setelah menetapkan strategi penetapan harga. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber yang ditemukan berdasarkan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah strategi penetapan harga dalam menarik minat beli konsumen pada toko pakaian Curga Busana Muslim Gunungsari Lombok Barat melalui 3 metode, yaitu strategi penetapan harga penetrasi (penetration pricing), strategi harga tunggal, dan strategi promosi dan potongan harga. Metode ini sangat efektif dalam menarik minat beli konsumen, dapat diketahui dari observasi serta wawancara yang dilakukan langsung dengan owner toko. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa strategi penetapan harga yang digunakan oleh toko pakaian Curga Busana Muslim terdapat dampak positif dan negatifnya bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode penetapan harga; strategi penetapan harga; minat beli konsumen
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:13
Last Modified: 03 Jun 2024 03:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item