Implementasi pendidikan karakter Pada pembelajaran aqidah akhlaq di kelas VIII MTs Al-Ikhlasyah Parampuan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016

Musram, Musram (2016) Implementasi pendidikan karakter Pada pembelajaran aqidah akhlaq di kelas VIII MTs Al-Ikhlasyah Parampuan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Musram151 111 100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pendidikan Karakter menurut Scereco adalah karakter sebagai atribut atau ciri-ciri yang membentuk dan membedakan ciri pribadi, ciri etis, dan kompleksitas mental dari seseorang, suatu kelompok atau bangsa. Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan yang dimiliki sebagai salah satu ciri khas yang membentuk dan membedakannya antara yang satu dengan yang lain, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif karena data yang diperoleh di lapangan lebih banyak bersifat informasi dan keterangan bukan dalam bentuk simbol atau angka Penelitian kualitatif ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (pendekatan) diskriptif karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Jadi penelitian ini adalah laporan penelitian yang berisi kutipan-kutipan untuk memberi gambaran penyajian laporan masalah penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka peneliti memperoleh tentang implementasi pendidikan karakter melalui proses pembelajaran, kendala-kendala serta faktor pendukung implementasi pendidikan karakter yaitu: Pertama, Implementasi Pendidikan Karakter pada pembelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas VIII di MTs Al-Ihlasiyah Parampuan sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat dari nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapkan oleh siswa kelas VIII, seperti nilai religius, kejujuran, kedisiplinan, gemar membaca dan nilai tanggung jawab. Kedua, Dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al-Ihlasiyah parampuan terdapat kendala-kendala yang dihadapi, baik itu kendala yang bersifat internal yakni yang berasal dari lingkungan sekolah maupun kendala yang bersifat eksternal yakni kendala dari luar lingkungan sekolah. Ketiga, Adapun faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas VIII di MTs Al-Ihlasiyah Parampuan yaitu sebagai berikut: Sekolah didukung oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas, adanya kegiatan ekstrakulikuler diluar jam pelajaran, sarana dan prasarana yang dimilki oleh MTs Al-Ihlasiyah cukup memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; MTs Al-Ikhlasyah; Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 01:07
Last Modified: 04 May 2018 01:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item