Ayu Kusuma Wardhani, Dyah (2023) Analisis kemampuan pengucapan mufrodat terhadap siswa Kelas 7 MTs Nahdhatul Mujahidin NW Jempong Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dyah Ayu Kusuma Wardhani 200102029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

"Bahasa Arab sebagai mata pelajaran pokok pada MTs nahdhatul mujahidin NW Jempong. Pengajaran bahasa Arab pada umumnya sebagai alat bantu untuk memahami ilmu-ilmu agama yang ditulis dalam bahasa Arab. Maka dari itu, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pengucapan mufrodat pada siswa kelas 7 di MTs Nahdhatul Mujahidin NW Jempong. Karena dalam berbahasa arab, apabila terdapat kesalahan huruf atau harakat dalam pembacaannya maka terdapat perbedaan makna. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam analisis adalah reduksi data, penyajian dan analisis data. Penelitian kualitatif bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang sebenarnya dan yang tampak di MTS Nahdhatul Mujahidin N.W Jempong. Alasan Peneliti memilih pendekatan kualitatif ini karena peneliti menemukan sebagian kesalahan pada pengucapan mufrodat atau kosakata pada para siswa di kelas menunjukkan kurangnya kosa kata bahasa Arab dan tata bahasanya serta penerapannya dalam pengucapan kosa kata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa arab di sekolah ini menggunakan buku LKS bahasa arab. Guru mengajarkan sesuai tema atau materi yang ada di buku tersebut. Dari pemberian kosakata bahasa arab sampai mengerjakan latihan harian yang ada di buku LKS Bahasa Arab. Pemberian kosakata yang diberikan dengan cara guru menyebutkan terlebih dahulu kosakata bahasa arab kemudian murid menyebutkan" "kosakata itu setelah gurunya. Penyebutan kosakata itu sudah jelas sehingga muridnya tidak salah dalam penyebutannya. Setelah pemberian kosakata bahasa arab tersebut kemudian murid menulisnya di buku tulis masing- masing. Adapun teknik analisis yang dilakukan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah peneliti melakukan observasi maka dari itu peneliti melakukan wawancara terkait pembelajaran kosakata bahasa arab ini. Melalui observasi pembelajaran bahasa arab dikelas, peneliti melakukan analisis dalam pengucapan kosakata bahasa arab. Dari hasil data yang didapatkan oleh peneliti yaitu, guru memberikan kosakata bahasa arab dengan cara mengucapkan terlebih dahulu kosakata bahasa arab baru kemudian siswa mengikuti dari ucapan guru tersebut mengenai kosakata baru. Adapun untuk suara pada pengucapan mufrodat yang dilakukan guru kepada siswanya dikelas sudah jelas dan lantang sehingga para siswa mendengarkan dengan jelas apa yang diucapkan guru. Sementara makharijul huruf pada saat mengucapkan kosakata bahasa arab juga sudah benar dan guru fasih dalam mengucapkan kosakata baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Pengucapan, dan Kosa Kata Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 31 May 2024 03:34
Last Modified: 31 May 2024 03:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5907

Actions (login required)

View Item View Item