Ali Sheehan, Richard (2023) Strategi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Darul Muslimin dalam pembentukan karakter anak didik menghadapi transformasi budaya barat di Desa Durian Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
RICHARD ALI SHEEHAN 190101154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Pengasuhan berbasis Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) merupakan alternatif terakhir dari pelayanan pengasuhan alternatif untuk anak- anak yang tidak bisa diasuh di dalam keluarga inti, keluarga besar, kerabat, atau keluarga pengganti. LKSA berperan dalam memberikan pelayanan bagi anak yang membutuhkan pengasuhan alternatif melalui pengasuhan sementara berbasis LKSA. Tujuannya adalah untuk menjamin keselamatan, kesejahteraan diri, dan terpenuhinya kebutuhan permanensi anak. Oleh karena itu, Orang tua atau keluarga dalam situasi tersebut dapat memilih alternatif pengasuhan anak di LKSA melalui perwalian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana Strategi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Darul Muslimin Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Menghadapi Transformasi Budaya Barat Di Desa Durian Lombok Tengah Tahun Ajaran 2023-2024, (2) Mendeskripsikan Bagaimana Upaya Menghadapi Transformasi Budaya Barat Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Darul Muslimin di Desa Durian Lombok Tengah Tahun Ajaran 2023-2024. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci. Dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian model spradley adalah teknik analisis tematik etnografi dalam upaya mendeskripsikan secara menyeluruh karateristik kultural yang memengaruhi perilaku sosial individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Strategi yang diterapkan oleh LKSA Darul Muslimin antara lain; Mengembangkan Kemandirian Anak, Mengembangkan Kedisiplinan Anak Asuh, Mengembangkan Sifat Tanggung Jawab Anak Asuh. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan Karakter anak di LKSA Darul Muslimin, faktor pendukung antara lain; Program belajar Al-Qur'an, Program kajian keagamaan, Program Bahasa Asing, Program pelatihan pidato. Dan faktor Penghambat antara lain; 1) faktor dari anak itu sendiri, 2) sikap pendidik, 3) lingkungan tempat bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKSA, Strategi, Pendukung dan Penghambat, Pendidikan Karakter"
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 31 May 2024 01:41
Last Modified: 31 May 2024 01:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item