Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based instruction ) dalam meningkatkan Pengaruh media gambar terhadap pemahaman siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih tahun pelajaran 2016/2017 MA Albarokah Geguntur- Mataram

Ali, Mukti (2017) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based instruction ) dalam meningkatkan Pengaruh media gambar terhadap pemahaman siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih tahun pelajaran 2016/2017 MA Albarokah Geguntur- Mataram. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Mukti Ali151131027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian kuantitatif Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian ex-postfacto jenis Kausal Komparatif atau hubungan sebab akibat, artinya melihat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Berkenaan dengan hal itu, Arikunto mengemukakan bahwa, variabel yang mempengaruhi disebut variabel bebas atau penyebab (independent variable), sedangkan variabel terikat atau tidak bebas disebut variabel tergantung (dependent variable). Berdasarkan pengertian tersebut yang menjadi variable bebas dalam penelitian ini adalah media gambar dan yang menjadi variable terikatnya adalah pemahaman siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan media gambar terhadap pemahaman siswa kelas XI pada mata pelajaran fiqih Tahun Pelajaran 2016 / 2017 terbukti memiliki hubungan. Hal itu ditunjukkan dalam proses perhitungan menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan menggunakan taraf signifikan 5% memberikan hasil Fhitung >Ftabel yaitu (19,16) > (2,12) hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar; Media Gambar; MA Albarokah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 00:50
Last Modified: 04 May 2018 00:51
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item