Penerapan metode card sort (menyortir kartu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada materi zikir dan doa siswa kelas IV SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Mujnawati, Mujnawati (2017) Penerapan metode card sort (menyortir kartu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada materi zikir dan doa siswa kelas IV SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Mujnawati15113121020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Guru PAI dituntut untuk lebih kreatif memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Berdasarkan survei awal bahwa di SDN Mertak Kesambik dalam menggunakan metode dalam proses belajar mengajar itu masih menggunakan metode ceramah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pelajaran PAI nilai rata-rata 6,60. Jadi perlu dicarikan solusi yang tepat. Pembelajaran partisipatif merupakan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada kelas IV SDN Merta Kesambik. Adapun rumusan masalah “Apakah melalui penerapan metode card sort (Menyortir Kartu) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI Siswa kelas IV SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Metodologi penelitian adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode card sort (Menyortir Kartu) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Siswa kelas IV SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang memuat tahap, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mertak Kesambik yang terdiri dari 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan setiap berakhirnya siklus belajar mengajar, lembar observasi yang digunakan untuk memperoleh gambaran langsung tentang kegiatan belajar mengajar PAI melalui metode Card Sort, data yang didapatkan di analisis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar sebagai indikator penelitian adalah adanya peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkaan rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 68,5 dengan persentase ketuntasan 80%, pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 84 dengan persentase ketuntasan 95 %. Nilai ini telah memenuhi standar yang ditentukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode card sort (Menyortir Kartu) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI Siswa kelas IV SDN Mertak Kesambik Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; SDN Mertak Kesambik; Metode card sort
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 00:38
Last Modified: 04 May 2018 00:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item