Mauladi, Akmal (2023) Pemikiran Quraish Shihab tentang pendidikan dalam Al-Quran Surah Al-Alaq Ayat 1-5 dalam Tafsir Al-Misbah pesan, kesan, dan keserasian Al-Quran. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
AKMAL MAULADI 190101216.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis yang telah mempelajari sebuah karya kitab tafsir, yaitu kitab ""Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran"", yang disusun oleh Prof. Dr. K.H Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A. Belakangan ini yang seharusnya dicermati dan diawasi dalam peningkatan karakter ialah hubungannya dengan pendidikan yang selama ini sangat esensial untuk diamalkan searah dengan nilai-nilai qurani agar bisa memanifestasikan pembelajaran yang berdasarkan Islam. Dalam kitab tafsir ini dikemukakan pemikiran Quraish Shihab tentang konsep pendidikan dalam Al-Quran surah Al-Alaq ayat 1-5 diantaranya hakikat pendidikan, tujuan pendidikan, ruang lingkup pendidikan, metode pendidikan, dan sasaran pendidikan. Kemudian dalam Al-Quran surah Al-Alaq dalam tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran juga membahas materi pendidikan yakni pendidikan tauhid, pendidikan keterampilan, pendidikan akal, pendidikan psikologi, pendidikan sosial, dan pendidikan biologi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitiannya menunjukkan pendidikan Islam menurut Quraish Shihab mencakup aspek akademis, spiritualitas, dan sosial. Tujuan pendidikan Islam adalah untuk membentuk manusia secara individu dan kolektif sehingga mereka dapat menjelaskan perannya sebagai hamba Allah SWT dan khalifah-Nya dalam membangun dunia ini sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Pendidikan haruslah mencakup aspek-aspek moral dan etika sehingga mampu menghasilkan individu yang berkualitas secara holistik. Ruang lingkup pendidikan Islam meliputi tujuan pendidikan, guru atau pendidik, peserta didik, materi pendidikan Islam, dan peralatan pendidikan. Tujuan utama pendidikan Islam adalah untuk terus mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yang dimiliki oleh seseorang serta pengajaran nilai-nilai etika dan moral untuk membentuk karakter individu yang baik serta meningkatkan kesadaran spiritual mereka. Metode-metode pendidikan dalam Al-Quran meliputi metode dialog, nasihat atau keteladanan, kisah, pembiasaan, dan sanksi serta ganjaran. Sasaran pendidikan menurut Quraish Shihab dalam Al-Quran surah Al-Alaq ayat 1-5 dalam tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Quran diantaranya ialah pendidikan aqidah, syariah, akhlak, dan akal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan, Surah Al-Alaq 1-5, Tafsir Al-Misbah"
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 May 2024 02:18
Last Modified: 30 May 2024 02:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item