Peranan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas VII di MTs Sa’adatuddarain Praya Tahun Pelajaran 2016/2017

Rosyidin, Moh Hajrur (2017) Peranan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas VII di MTs Sa’adatuddarain Praya Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Moh Hajrur Rosyidin151131186.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. adanya pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan keluarga, lingkungan masyarakat, dirinya sendiri maupun kehidupan bangsa dan Negara. pendidikan berupaya mendidik manusia yang mempunyai ilmu pengetahuan dan keterampilan dan juga disertai dengan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT, sehingga dia akan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya itu untuk kebaikan masyarakat. Begitu juga dengan pendidikan akhlak, dalam hal ini peranan aqidah merupakan sumber daya pendorong dan pembangkit bagi tingkah laku dan perbuatan yang baik, dan juga merupakan pengendali dalam mengarahkan tingkah laku dan perbuatan manusia karena itu pembinaan moral harus didukung pengetahuan tentang ke-Islaman pada umumnya dan aqidah atau keimanan pada khususnya. Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk menyelamatkan anak-anak, remaja ataupun orang dewasa dari pengaruh buruk budaya asing yang bertentangan dengan budaya islam yang saat ini sudah banyak mempengaruhi bangsa Indonesia, terutama generasi muda. Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang tiga hal penting, yakni: (1) peranan guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MTs Sa’adatuddarain Praya, (2) permasalahan-permasalahan yang dihadapi, dan (3) solusi guru untuk mengatasi hambatan tersebut, hasilnya, diantara peran yang dilakoni oleh guru mata pelajaran aqidah akhlak selain melaksanakan pendidikan di dalam kelas dalam pembinaan akhlak siswadimadrasah tersebut, guru mata pelajaran aqidah akhlak juga menggunakan beberapa metode dalam membina akhlak siswa diantaranya: metode keteladanan, metode pemberian kebiasaan yang baik kepada siswa, metode memberikan teguran dan nasehat, metode memberi perhatian, dan metode memberi hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Akhlak; MTs Sa’adatuddarain
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 04 May 2018 00:21
Last Modified: 04 May 2018 00:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item