Penerapan model pembelajaran pakem pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017

Minerah, Minerah (2017) Penerapan model pembelajaran pakem pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Gerung Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Minerah151131012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Karena dengan pendidikan manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih baik, dalam segala tindakan, ucapan juga tingkah laku manusia yang selalu tak lepas dipengaruhi oleh suatu proses pendidikan. Namun di era globalisasi saat ini dunia pendidikan dihadapkan dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan. Berangkat dari hal tersebut penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul penerapan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran fiqih kelas X di MA Negeri Gerung tahun pelajaran 2016/2017, Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran fiqih kelas X di MA Negeri Gerung, Kendala-kendalanya serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan model pembelajaran PEKEM.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan data dan fakta apa adanya. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan hasil observasi penelitian selama berada dilokasi penelitian. Data skundernya diperoleh dari berbagai pustaka refrensi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada beberapa metode yang digunakan oleh guru dalam penerapan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Gerung yaitu: menggunakan metode Learning Stars With a Question (Pelajaran dimulai dengan pertanyaan), Small Group Discusion (Diskusi kelompok kecil), dan Card Short (Menyortir kartu). Kendala-kendala yang dihadapi serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan model pembelajaran PAKEM pada mata pelajaran fiqih kelas X di MAN Gerung adalah: Alokasi waktu dan Minimnya minat belajar siswa serta solusi yang dilakukan oleh guru adalah: menambahkan waktu belajar diluar jam sekolah dan guru berusaha memberikan motivasiterhadap siswa yang minat belajarnya kurang .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pakem; MAN Gerung; Metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 07 May 2018 03:54
Last Modified: 07 May 2018 03:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item