Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas XI di MA NW Nurul Hikmah Pepao Desa Lekor Kec. Janapria Tahun Pelajaran 2016/2017

Wirano, Achmad (2016) Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas XI di MA NW Nurul Hikmah Pepao Desa Lekor Kec. Janapria Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Achmad Wirano 151121245.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data awal yang peneliti peroleh melalui observasi dan wawancara mengenai kondisi akhlak siswa di MA NW Nurul Hikmah, dari ketiga kelas yang ada (kelas X, XI, XII) hanya kelas XI yang paling gaduh dalam proses belajar di kelas. Sementara itu, kelas X dan XII terlihat tenang. Banyak guru yang tidak bisa mengendalikan kelas XI ketika mengajar karena ulah siswa-siswa ini yang menunjukkan perilaku buruk. Hal ini merupakan suatu permasalahan pendidikan yang perlu untuk dipecahkan demi hasil yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kulaitatif dengan teknik analisis deskriptif yaitu meneliti kondisi suatu kelas, yaitu kelas XI di MA NW Nurul Hikmah Pepao. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga jenis metode, yaitu : 1) wawancara terstruktur. Dalam metode ini peneliti menyusun daftar pertanyaan yang akan ditanyakan terlebih dahulu, 2) observasi nonpartisipatif, yaitu peneliti tidak ikut terlibat dalam kegiatan obyek melainkan hanya mengamati dari luar, dan 3) dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh informasi tambahan dalam mendukung kelengkapan skripsi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui 3 langkah berikut. 1) mencatat apa yang dilihat dan di dengar dilapangan, 2) mengumpulkan, memilih, dan membuat ikhtisar, 3) memberi makna dan menemukan pola hubungan dari data tersebut. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kondisi akhlak siswa kelas XI di dalam kelas merupakan akhlak tercela, yaitu tidak memperhatikan penjelasan guru, tertawa ketika guru menjelaskan, menganggu teman yang lain, tidak senang belajar serta sering membawa masalah pribadi ke sekolah sehingga membuat siswa murung dan hilang semangat belajar. Sedangkan akhlak siswa kelas XI diluar kelas, yaitu mengisi jam istirahat dengan merokok di samping kamar mandi, serta saling mengajak untuk bolos di jam terakhir dengan alasan masalah pribadi. Peran guru akidah akhlak sesuai hasil pengamatan dan wawancara telah menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan ini, adapun bentuk peran guru akidah akhlak dalam memperbaiki akhlak siswa seta membina mereka menuju akhlakul karimah, yaitu: 1) membangun kerjasama dengan pihak sekolah dan ali murid, 2) menyelenggarakan kegiatan kegamaan, 3) menjaga kedisiplinan siswa, 4) menjaga hubungan dengan siswa, 5) membina akhlak siswa melaluiu pelajaran, 6) membantu siswa menylesaikan masalah, dan 7) memberi teladan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru akidah akhlak, pembinaan akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 03 May 2018 04:15
Last Modified: 03 May 2018 04:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item