Pengaruh kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 21 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Widia, Arba'in Sri (2016) Pengaruh kompetensi paedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 21 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Arba'in Sri Widia 151121049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pendidikan diartikan sebagai suatu proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu cara menentukan mutu pendidikan adalah guru. Guru dituntut menjadi seseorang yang kompeten dalam profesinnya, guru hendaknnya memiliki pemahaman yang lebih tentang karakteristik dan kondisi peserta didik, guru dituntut untuk memantau pertumbuhan fisik dan mengeksplorasikan potensi yang dimiliki anak didik. Dalam penelitian ini menekankan pada kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran. ompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi: (1) Pemahaman terhadap peserta didik, (2) perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi hasil belajar, dan (4) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dan peneliti hanya memfokuskan pada pelaksanaan pembelajaran dimana komponen-komponen dalam pelaksanaan pembelajaran adalah kegiatan membuka, kegiatan inti dan kegiatan menutup. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 21 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMPN 21 Mataram yang berjumlah 91, namun peneliti mengambil sampel sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi sederhana yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Berdasarkan analisis data bahwa “ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidika agama Islam di SMPN 21 Mataram tahun pelajaran 2016/2017” hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis data yang mendapat nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (Fhitung > Ftabel) dimana nilai Fhitung 4, 846 dan nilai Ftabel 4, 32 Dengan taraf signifikan 5% jadi kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran berperan penting terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 03 May 2018 02:14
Last Modified: 03 May 2018 02:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item